ilalang_Travelling_Underwater_Photography_1

Fotografi Bawah Laut

Tips dan catatan dibawah ini akan mengulas tentang fotografi bawah air atau underwater fotography. Ungkapan ini ditulis oleh Mulyadi Sulungbudi yang sering dan biasa disapa dengan nama pinneng. Pinneng sudah sudah terkenal sebagai sallah satu penyelam dengan foto karyanya yang menakjubkan. Berikut ini adalah tulisan pinneng dengan pendekatan yang ringan, ringkas dan praktis:

Setiap kali seseorang bertanya kepada saya: “ hal apa saja yang paling penting dalam fotografi bawah laut?” jawaban saya selalu sama: pengetahuan dan keahlian menyelam. Selain keselamatan diri sendiri dan teman menyelam, untuk mendapatkan foto yang bagus sering kali kita memposisikan diri dengan benar ataupun bergerak bermanuver untuk mendapatkan komposisi yang diinginkan.

Keterbatasan uadara atau oksigen dalam tabung scuba juga membuat teknik menyelam yang benar menjadi penting dalam keleluasan mengambil foto atau gambar di dalam air. Tak boleh diabaikan pula factor kelestarian lingkungan. Sebagai “TAMU” di dalam laut, sudah selayaknya kita tidak mengganggu keberadaan makhluk hidup penghuninya. Peraturan buoyancy (keterapungan) yang benar adalah mutlak dalam fotografi bawah laut.

Pengetahuan tentang kebiasaan dan habitat dari berbagai binatang dalam laut akan memudahkan kita untuk menemukan dan memotret berbagai binatang laut yang biasanya pandai berkamuflase dengan lingkungannnya. Setelah menjadi penyelam yang baik, teknik memotret bawah laut umumnya sama dengan bagaimana kita memotret di darat. Hanya ada 1 perbedaan: media diantara lensa dan obyek foto adalah air. Air yang memiliki kepadatan (density) hampir 800 kali lebih padat dibandingkan dengan udara, tentunya lebih menghambat tembusnya gelombang cahaya. Satu persatu warna tak mulai tampak semakin dalam obyek berada. Bantuan lampu tambahan akan mengembalikan warna yang tertangkap oleh kamera.

Berbagai partikel “kotoran” di dalam air juga sering sekali mengganggu dalam pengambilan gambar dan berpengaruh dalam hasil foto. Kondisi ini bisa diatasi dengan menempatkan posisi lampu yang benar. Biasanya dengan arah lampu sedikit mengarah kesamping obyek. Air yang tak pernah diam juga akan menghambat kita dalam bergerak, karena itu kecepatan rana yang digunakan tidak bias terlalu lamban.

Perlengkapan kamera foto bawah laut relative tidak murah. Kamera saku yang dilengkapi kedap air, walau relative agak murah, mempunyai berbagai keterbatasan dibandingkan dengan DSLR. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa membuat foto bagus dengan kamera saku. Yang paling penting adalah sumber cahaya tambahan (flash/strobe) karena dengannya kita mengatasi hambatan terbesar: media air. Fotografi bawah laut berkembang sangat pesat dan realtif masih sangat muda dalam sejarah fotografi. Dengan teknologi berkembang berbagai kendala dalam fotografi dalam laut mulai teratasi, membuka peluang kreativitas yang sangat luas.

Ikan sweetlips biasa hidup menggerombol, jika didekati dengan cukup hati2 maka dapat diambil saat mereka berjejer rapi.

Gambar: ikan sweetlips by Google image.

            Biasanya untuk foto wide angle bawah laut akan menarik jika menggabungkan 3 unsur dalam 1 foto. Seperti difoto ini adalah binatang laut,diver, dan matahari

ilalang_Travelling_Underwater_Photography_dua

            Banyak binatang laut yang mahir berkamuflase. ikan ini hidup didaerah yang warnanya serupa denga tubuhnya.

ilalang_Travelling_Underwater_Photography_3

            Dengan kamera saku juga masih dapat membuat foto bawah laut yang menarik. Foto cumi yang sedang keluar dari telurnya ini diambil dengan kamera saku dengan bantuan storbe luar.

ilalang_Travelling_Underwater_Photography_4

            Barracuda cukup cepat bergerak didalam laut, dengan mengambil sudut yang tepat, keberadaan diver dapat membuat foto lebih bercerita.

ilalang_Travelling_Underwater_Photography_5

            Wreck adalah salah satu obyek foto yang menarik. Dengan mengenal sejarah wreck tersebut akan membuat pengalaman kita jauh lebih berkesan.

ilalang_Travelling_Underwater_Photography_6

Semua gambar diambil dari google image dengan sangat penuh kedisiplinan ilmu. Hehe Sekian semoga bermanfaat  [oleh H/A]

1223 Total Views 1 Views Today
Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *