ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_1

Pantai Pandansari yang Berbeda

Mungkin masih terasa asing di telinga anda ketika mendengar Pantai Pandansari dan Pantai Goa Cemara. Benar bahwa kedua pantai ini tidaklah sepopuler Pantai Parangtritis yang sudah menjadi Primadona di Yogyakarta. Tapi tahukah anda bahwa banyak hal yang bisa dilakukan di kedua pantai ini loh di antaranya menaiki mercusuar di Pantai Pandansari dan menikmati sunset bila sore tiba di Pantai Goa Cemara. Unik bukan? Yuk mari ikuti ceritanya.

            Pada tanggal 16 Februari 2015 lalu saya berkunjung ke kedua pantai ini. Jarak antar pantai tidaklah jauh hanya sekitar kurang lebih 1 Km saja. Kedua pantai tersebut terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Bila Anda datang kesini, Waktu yang diperlukan untuk sampai ke pantai ini dari Kota Yogyakarta sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju kedua pantai ini tidaklah membosankan karena dimanjakan oleh pemandangan berupa suasana desa yang masih terasa alami dan hembusan angin yang begitu lembut terasa di tubuh kita.

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_dua

            Setibanya di Pantai Pandansari kita dapat menikmati pemandangan pantai dengan pasir hitam yang menjadi ciri khas dari Pantai yang ada di Kabupaten Bantul dan gelombang ombak yang melikuk – likuk, serta semilirnya angin laut yang berhembus lembut solah – olah menyapa kita.

Puas menikmati suasana pantai, Anda dapat bergerak ke arah utara menuju sebuah menara mercusuar yang ada di sekitar kawasan pantai. Menara ini di buka untuk umum sehingga siapa saja dapat menaikinya. Hanya perlu merogoh kocek 2,5K/orang saja untuk dapat menaikinya.

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_3

Untuk sampai ke atas Menara, kita harus menaiki tangga demi tangga yang melingkar sejumlah 6 buah. Cukup menantang adrenalin saya ketika itu karena tangga yang saya lalui semakin ke atas semakin sempit.

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_4

Gambar sebuah tangga tampak dari bawah

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_5

Gambar sebuah tangga tampak dari atas

            Tidak hanya itu saja, dengan tubuh yang sedikit bergetar adrenalin saya pun semakin naik ketika terdapat sebuah tangga yang harus saya lalui untuk sampai lantai teratas dari menara ini.

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_6

            Kelelahan dan segala perjuangan kita akan terbayar semua ketika sudah sampai di lantai teratas menara. Semilirnya angin yang begitu lembut dengan hamparan laut lepas dan hamparan perkebunan serta tebing – tebing yang terletak di sebelah timur pantai parangtritis pun terlihat dari sini, sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_7

            Lelah menaiki Menara Mercusuar kini saatnya wisata kuliner buah naga. Tidak jauh dari bibir Pantai Pandansari terdapat sebuah perkebunan Buah Naga yang siap memanjakan kita.

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_8

            Di sini kita tidak hanya menerima bersih berbentuk buah lalu kita makan, tetapi dalam menikmatinya kita bisa langsung memetik buahnya dari pohonnya. Terdapat dua jenis buah naga yang tersedia di sini, yaitu buah naga merah dan putih. Soal harga sangat bersahabat dan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, siapkan saja 20K untuk 1 Kg buah naga merah dan 15K untuk 1 Kg buah naga putih. Cukup ekonomis bukan bila dibandingkan dengan khasiat yang dimiliki oleh buah naga tersebut.

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_9

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_10

            Rasanya manis dan enak itulah yang saya rasakan ketika menikmati buah naga tersebut. Satu kata untuk buah naga “pecah abis”. Perut lapar dan mulai keroncongan nih. Jangan khawatir di sebelah barat dari pantai ini terdapat sebuah pantai lagi yaitu Pantai Goa Cemara yang letaknya tidaklah terlalu jauh terdapat berbagai pedagang yang sedang menjajakan barang dagangannya.

ilalang_travelling_Pantai_Pandansari_11

            Sebaiknya anda datang ke Pantai Pandansari pada siang hari. Pada sore harinya bisa menikmati matahari terbenam di ufuk barat di Pantai Goa Cemara. Suasana romantis akan lebih terasa bila kita menikmatinya dengan orang yang kita sayangi, bersama keluarga, pacar, ataupun sahabat kita. Menarik bukan? Ayo tunggu apalagi segera angkat ransel sahabat ilalang dan datang kesini karena Pantai Pandansari yang berbeda dari wisata pantai lainnya.  Sampai jumpa. (Anis Hidayah)

691 Total Views 1 Views Today
Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *