Pantai Pangandaran yang Mempesona

Ilalang Travelling

Ilalang Travelling

Sahabat ilalang… Kali ini ayo kita jalan-jalan ke sebelah selatan pulau jawa, disana kita akan menemukan sebuah pantai yang sebagian ada yang menyebutnya sebagai “Bali Kedua Indonesia”. Yap pantai itu adalah Pantai Pangandaran.

Ilalang Travelling

Ilalang Travelling

 

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Tahukah sahabat ilalang bahwa pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms. Pantai ini terbagi atas dua wilayah yaitu Pantai Timur dan Pantai Barat. Pantai Timur adalah pantai yang biasa digunakan sebagai tempat berenang, sedangkan Pantai Barat adalah pantai yang sering dijadikan untuk tempat nelayan menangkap ikan sehingga yang dapat dilakukan disini adalah berbagai permainan air seperti banana boat, jet ski, dan lain-lain. Jika kita berkunjung ke Pantai Pangandaran kita akan menemukan berbagai keindahan alam yang tak akan mudah dilupakan. Rangkaian lukisan alam Ciptaan Tuhan yang akan membuat kita mentafakkuri kebesaranNYA. Selain keindahan pantainya, Pantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya, antara lain:

  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari Pantai Timur dan Pantai Barat pada hari yang sama.
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama, sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan relatif aman.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  • Memiliki tim penyelamat wisata pantai.
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Gua Jepang peninggalan Perang Dunia II.
Ilalang Travelling

Ilalang Travelling

 

Ilalang Travelling

Ilalang Travelling

Dengan adanya faktok-faktor penunjang tadi, maka sahabat ilalang yang datang di Pangandaran dapat melakukan kegiatan yang beraneka ragam: berenang, berperahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda, para sailing, jet ski dan lain-lain. Ada berbagai macam permainan air yang juga dapat dinikmati diantaranya: banana boat, kursi air, snorkeling, dan lain-lain yang pastinya sangat menyenangkan.

Ilalang Travelling

Ilalang Travelling

 

Selain itu, ada pula acara tradisional yang dapat sahabat ilalang ikuti seperti Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran. Event pariwisata bertaraf internasional juga selalu dilaksanakan di sini yaitu Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

Ilalang Travelling

Ilalang Travelling

 

Sehabis puas menikmati keindahan pantainya, maka saatnya mengisi perut yang kosong karena kecapean, menikmati makan bersama dengan menu sea food. Terdapat lokasi khusus untuk kebutuhan kita menikmati hidangan makanan laut tersebut, letaknya sekitar 1 km saja. Disana sahabat ilalang bisa memilih sendiri ikan laut yang diinginkan berikut mau dimasak dengan menu apa. Udang, cumi, kepiting, dan berbagai jenis ikan laut lainnya. Nah, sebelum berbenah pulang, jangan lupa berbelanja oleh-oleh khas Pantai Pangandaran. Berbagai assesories, pakaian, dan makanan terutama ikan laut tersedia. Sayang rasanya jika moment indah yang telah terlewati itu tak kita bawa ke rumah. Sekedar T-shirt atau celana pendek santai bergambar seputar Pantai Pangandaran bolehlah, sehingga kita akan selalu diingatkan untuk suatu saat, jika kondisi keuangan tetap tak memungkinkan berangkat ke Bali, ya cukup ke Pantai Pangandaran. Sahabat ilalang Jika ingin kepangandaran, bisa menggunakan jasa kami Ilalang Brother.

2062 Total Views 1 Views Today
Posted in Traveling.

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *