Pesona Pantai Klayar

Kabupaten Pacitan memang terkenal dengan sebutan Seribu Satu Goanya. Di sepanjang perjalanan kita akan dengan mudah menjumpai sebuah plank yang menunjukkan goa tertentu. Namun siapa sangka bahwa di balik itu semua, Kabupaten pacitan juga menyimpan beberapa pantai yang dapat membuat decak kagum para pengunjung. Salah satunya Pantai Klayar yang terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Picture30

 

Picture28

Sungguh indah memang pantai ini. Hamparan pasir putih, pelataran batu karang yang luas, serta gulungan ombak yang sangat keras menghantam batu karang yang sudah menjadi ciri khas pantai selatan dapat kita saksikan disini.Picture29

Berbeda dengan pantai – pantai lainnya yang ada di bagian selatan pulau jawa, Pantai Klayar memiliki keunikan tersendiri yang mampu menghipnotis mata para wisatawan yang datang mengunjunginya. Pantai ini memiliki batu karang yang menyerupai sphinx, karang bolong, dan seruling samudera.

klayaree

By The Way, Ada yang tahu tidak apakah yang dimaksud dengan seruling samudera tersebut? Seruling samudera merupakan cekungan yang ada di bawah batuan karang yang ada di Pantai Klayar. Karena cekungan tersebut air masuk ke dalam cekungan sehingga air menyembur ke atas permukaan melalui sela – sela yang ada di batuan karang. Dari semburan air inilah menghasilkan bunyi seperti bunyi seruling. Sedangkan kata samudera sendiri tidak lepas dari air laut yang ada di Pantai Klayar berasal dari Samudera Hindia. Kuatnya semburan air tergantung pada besarnya deburan ombak yang mengalir di bawah batuan.

Namun sayang beribu sayang, kita tidak bisa mengabadikan foto bersama semburan air yang mancur ke atas dari seruling samudera tersebut. Hal ini dikarenakan air laut sedang mengalami masa surut. Konon katanya semburan air akan keluar dari batuan karang secara berkelanjutan ketika air laut sedang pasang. Walaupun begitu, kita tetap bisa menyaksikan semburan tersebut dengan mata telanjang dan mengabadikannya melalui video kamera kita.

Picture26

Gambar seruling samudera yang tidak mengeluarkan semburan air dari dalam batuan karang

Banyak aktifitas yang dapat kita lakukan disini, seperti memancing bagi yang hobi memancing, bernarsis ria dengan kamera kita yang sudah menjadi ritual wajib ketika bepergian ke tempat – tempat indah, bermain – main dengan pasir putih, atau hanya sekedar menikmati keindahan Pantai Klayar dari bawah Gazebo saja yang siap di sewa untuk para wisatawan yang berkunjung.

klayare

 

Picture1.jpgqklayar

Tak hanya itu saja, bagi yang ingin berlibur sambil camping, disinilah tempatnya karena sudah tersedia area camping ground di sekitar pantai. menarik bukan? Ayok tunggu apalagi segera kunjungi Pantai Klayar yang sangat indah nan eksotis ini. Apalagi berkunjung bersama keluarga, pacar, atau orang yang kita sayangi tentunya akan mempererat tali persaudaraan kita dengan mereka.

Untuk mencapai lokasi Pantai Klayar, Anda akan memerlukan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Pacitan.

By Anis Hidayah

643 Total Views 1 Views Today
Posted in Traveling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *